Seminar GTK Hebat

Diperbarui 17 Sep 2024
People

Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung berkomitmen membangun sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Program KTT Pintar diantaranya berupa beasiswa. Setiap tahun anggaran beasiswa terus ditingkatkan. Hal tersebut dikemukakan  Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali saat membuka Seminar Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Hebat, yang digelar di Gedung Pendopo Djaparudin, Tideng Pale pada Senin (16/09/2024). 

"Di tahun 2021, dialokasikan 1 Milyar. Pada tahun 2022 menjadi 1,5 Milyar. Di tahun 2023 ditingkatkan menjadi 1,7 Milyar dan di tahun 2024 menjadi 2 Milyar. Salah satu penerima beasiswa tersebut ialah guru PAUD. Seluruh guru PAUD di Tana Tidung yang masih pendidikan SMA diberikan kesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sarjana. Di tahun ini ada 74 guru PAUD mengikuti pendidikan S1 PAUD atas kerjasama Universitas Terbuka Tarakan" urai Bupati Ibrahim Ali.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hersonsyah, S.T. mengungkapkan bahwa seminar tersebut dilaksanakan untuk mendapatkan gagasan kebaruan dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, sinergitas diantara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek RI) dan lembaga pendidikan tinggi terus ditingkatkan.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber Dr. Santi Ambarukmi, M.Ed selaku Direktur Guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Ristek RI,  Bupati Tana Tidung, dan Bunda PAUD Tana Tidung yang juga anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Ibu Vamelia Ibrahim, S.E.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 guru dan kepala sekolah PAUD serta kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Tana Tidung. Turut hadir Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Utara, Direktur Universitas Terbuka Tarakan, Pejabat Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah, dan Pengurus Dewan Pendidikan.