Guru TK Tana Tidung Belajar Ke Singapura Melalui Program School Leadership Workshop 2.0

Diperbarui 29 Jun 2024
People

Zainul Arifin, Guru TK Negeri Pembina Tana Tidung akan melakukan kunjungan belajar ke Singapura pada tanggal 16-20 September 2024 mendatang. Zainul lulus seleksi School Leadership Workshop 2.0 (SLW 2.0) Tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI kerjasama National Institute of Education Singapore.

Melalui program ini, Zainul akan belajar di Universitas Pendidikan Singapura tersebut tentang pengembangan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan, kemampuan dalam pengembangan kompetensi berkelanjutan (professional development), komunitas belajar (professional learning communities), serta metode pengajaran dan pembelajaran.

Untuk mengikuti program ini, Zainul harus melalui rangkaian seleksi. Seleksi berupa administrasi, esai portofolio, dan wawancara. Peserta seleksi adalah semua Guru Penggerak se-Indonesia. Pada seleksi SLW 1.0 diikuti 375 peserta.

Pada seleksi tersebut terpilih 91 peserta untuk mengikuti seleksi selanjutnya berupa seleksi wawancara hingga terpilih 50 peserta terbaik se-Indonesia yang akan mengikuti kegiatan SLW 2.0 di Singapura. 

Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim mengapresiasi atas prestasi yang diraih guru PAUD Tana Tidung. Menurutnya, belajar di salah satu kampus pendidikan terbaik di dunia ini merupakan kesempatan yang perlu dimanfaatkan dengan baik. 

"Selamat dan sukses untuk Pak Zainul mengikuti School Leadership Workshop di Singapura. Raih ilmu dan terapkan di Tana Tidung. Kepada guru lainnya, saya harap juga mengikuti program serupa. Mulai dari program Pendidikan Guru Penggerak hingga mengikuti School Leadership Workshop" jelas Vamelia.