Bupati dan Bunda PAUD Tana Tidung Lakukan Gerakan Minum Susu di PAUD

Diperbarui 24 Mar 2024
People

Bupati  Tana Tidung, Ibrahim Ali bersama Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim menggelar Gerakan Minum Susu di PAUD Alam Indah, Desa Tideng Pale, pada Senin (04/03/2023). Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Puskesmas Tideng Pale, Bunda PAUD Sesayap, Kepala Desa Tideng Pale, dan Bunda PAUD Desa Tideng Pale. Selain minum susu, juga dilakukan pemberian Vitamin A dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang oleh tenaga kesehatan Puskesmas Tideng Pale.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengemukakan pentingnya peningkatan kualitas layanan PAUD. Menurutnya, PAUD merupakan fondasi pendidikan. Dengan mendapatkan layanan PAUD, maka anak memiliki kemampuan fondasi yang dibangun berkelanjutan hingga pendidikan dasar. Mengingat pentingnya peran PAUD, maka Bupati Tana Tidung terus mendorong peningkatan kualitas pendidik dan sarana-prasarana PAUD.

"Tahun ini saya harap semua guru PAUD yang belum sarjana mengikuti pendidikan S1. Kita bekerjasama dengan Universitas Terbuka Tarakan. Kita buka kelas di Tana Tidung. Pembiayaannya sepenuhnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Dewan Pendidikan. Guru yang sedang kuliah dan sudah pernah dapat beasiswa juga kita tingkatkan beasiswanya. Jadi tidak ada lagi alasan guru PAUD tidak S1" jelas Bupati Tana Tidung di sela-sela acara.

Bunda PAUD mengemukakan bahwa pemberian beasiswa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan guru PAUD yang merupakan bagian dari program prioritas Guru Bahagia. Selain beasiwa, program tersebut juga terdiri dari peningkatan insentif guru PAUD hingga Rp 1 Juta/bulan dan peningkatan kompetensi melalui diklat di dalam dan luar daerah. 

Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana PAUD juga terus ditingkatkan. Melalui program prioritas Bunda PAUD lainnya, diberikan bantuan kepada seluruh satuan PAUD berupa laptop, Alat Permainan Edukatif (APE), Seragam Batik Siswa, dan BOP PAUD Daerah. Pembiayaan satuan PAUD juga menggunakan anggaran pemerintah desa untuk operasional satuan PAUD dan Insentif Guru PAUD. 

"Dengan berbagai program tersebut, saya berharap anak-anak saya di Tana Tidung tumbuh sehat, cerdas, dan kreatif. Merekalah yang menjadi sumber daya manusia yang berkualitas di masa mendatang. Mereka penerus dan masa depan Tana Tidung" harap Vamelia.